Membersihkan layar laptop/lcd secara tepat

Bismillahirrahmanirrahim

Mengetahui cara membersihkan layar laptop/lcd adalah sangat penting karena ia adalah salah satu komponen paling mahal dari sebuah notebook atau komputer desktop dan mereka sangat sensitif terhadap debu, sidik jari atau bahkan saat Anda batuk atau bersin tanpa menutupi mulut dan hidung.

Berbeda dengan monitor CRT standar dengan layar kaca, Anda sangat tidak disarankan untuk membersihkan layar laptop/lcd dengan menyeka menggunakan kain kering (apalagi basah) sejak layar sensitif adalah mungkin untuk mendapatkan goresan dari partikel debu.

Jadi bagaimana Anda
membersihkan layar laptop/lcd tanpa harus membeli segala macam Cleaner LCD atau monitor Wipes yang mahal? Ada beberapa metode yang tepat dalam membersihkan layar laptop/lcd yang merupakan tindakan pencegahan dari efek kerusakan akibat salah dalam cara pembersihan ( berlaku juga untuk HDTV, TV proyeksi dan TV Plasma serta produk sejenis )
 
Pertama, sebelum membersihkan layar laptop/lcd, fikirkan bahwa layar LCD anda seperti kulit lembut dan halus pada bayi Anda - Bahkan saking lembutnya hindari tekanan sedikit pun pada layar komputer dengan tangan Anda.

Kedua, carilah sepotong kain yang lembut - saputangan katun bekas tidak masalah, tetapi jangan mencoba kertas tisu, gulungan toilet atau bahkan handuk mandi karena akan menggores layar LCD Anda secara permanen ( bersifat seperti amplas atau alat scrubber)

Matikan layar LCD untuk melihat seberapa kotor LCD anda dan gunakan pencahayaan yang cukup.

Persiapan bahan untuk
membersihkan layar laptop/lcd anda selain kain lap, Anda akan membutuhkan air deionisasi atau air suling dan cuka atau iso-propil alkohol. Jangan menggunakan air keran atau air mineral yang bisa meninggalkan bekas putih di layar karena larutan mineral didalamnya.

Campurkan cuka dengan air suling ( 1: 1 ) dan semprotkan cairan ini pada kain lap. Jangan pernah menyemprotkan cairan langsung ke layar LCD. Basahi kain secukupnya dan gosok layar LCD dengan  lembut dalam satu arah ( kiri - kanan atau atas - bawah atau sebaliknya )

Pastikan bahwa layar LCD kering sebelum menutupnya atau menggunakannya. Jangan menggunakan bahan yang mengandung aseton, etil alkohol, toluena, etil asam, amonia, atau metil klorida. Jangan pernah menyentuh layar LCD dengan jari-jari Anda karena hal ini dapat menyebabkan terbakarnya pixel. 

Selesai sudah membersihkan layar laptop/lcd anda secara benar dan aman.

2 Responses to "Membersihkan layar laptop/lcd secara tepat"

  1. Oh cara teraman & termurah,nice info :D . Awalnya kurang tau,sekarang jadi lebih hati2

    BalasHapus
  2. mantep nih gan,, makasih infonya,, kunbal di blog ane gan,,

    BalasHapus