Cara mengatasi usb device not recognized

Bismillahirohmanirohim
Cara mengatasi usb device not recognized - Tiba-tiba komputer/laptop anda pesan "usb device not recognized". Semua port usb tidak bekerja dan perangkat mouse, keyboard, modem, printer dan semua perangkat yang terhubung melalui USB mendadak memuncul pesan "usb device not recognized". Pesan kesalahan ini  berulang setiap kali anda mencoba mem plug and play perangkat  USB anda. Seluruh port USB mungkin telah anda coba bolak-balik dan hasilnya nihil.

Cara-mengatasi-usb-device-not-recognized

Anehnya, colokan USB anda tidak mengalami lost power karena ketika anda coba mencharge ponsel anda melalui USB berjalan normal.

mengatasi-Cara-usb-device-not-recognized

Ada beberapa cara mengatasi usb device not recognized yang biasanya orang lakukan. Dari cara yang paling sederhana seperti merestart komputer sampai dengan meninstall ulang seluruh driver perangkat USB yang ada. Bahkan beberapa diantaranya ada yang melakukan system restore. Sebagian mungkin berhasil tapi mungkin juga  tidak. Pesan error "usb device not recognized" masih muncul. Bahkan ketika anda membuka Device manager anda mendapati pesan "Unknown Device" pada port.

Sebenarnya ada cara mengatasi usb device not recognized yang relatif sederhana dan mudah. Bahkan solusi ini super sederhana! Tidak perlu mengedit registri, uninstall driver atau segala tetek bengek yang ribet semacam itu.

Cukup CABUT KOMPUTER ANDA DARI POWER SUPPLY! Ya itu saja! Ingat! mencabut komputer anda dari power suply. Artinya lepas semua hubungan listrik dari komputer anda. Mematikan komputer tidak cukup dengan "shut down" untuk masalah ini. Komputer modern sebenarnya tetap "bekerja" dalam posisi "shut down".

Penjelasannya, motherboard komputer kita perlu di reboot juga. Dari  motherboard terhubung semua port termasuk USB. Dalam keadaan tertentu, motherboard bisa saja membuat kesalahan yang salah satunya kegagalan transfer data port USB tadi yang menyebabkan munculnya pesan "usb device not recognized". Ketika reboot,mikroprosesor kecil pada motherboard akan mereload driver dan hasilnya port USB anda akan kembali mengenali semua perangkat!

Cara mengatasi usb device not recognized yang cukup sederhana bukan? Pertama matikan komputer Anda menggunakan Shut Down atau menekan tombol power dan kemudian CABUT dari stopkontak. Biarkan selama sekitar satu menit dan kemudian pasang kembali. Hidupkan kembali komputer anda. Insyaa Alloh sudah beres.

Semoga tips cara mengatasi usb device not recognized yang sederhana ini bisa membantu.

5 Responses to "Cara mengatasi usb device not recognized"

  1. tetep ga bisa boz pyeng ane nyari sana sini

    BalasHapus
  2. tetap g bisa.. infonya jgn copas dari yang lain dong.. kreaktif dikit..

    BalasHapus
  3. di tempat saya bisa.cabut stop kontak beres dah

    BalasHapus
  4. sbenernya ada cara yang lain kalo cara itu kagak bisa,, ane pernah ngalamin, dan sekarang uda beres,, :)

    BalasHapus