Menggunakan media sosial terurama Facebook dan Twitter dalam berbisnis adalah lumrah sekarang ini. Tips berikut bukan untuk memulai bisnis melalui media sosial tapi bagaimana merawat dan bahkan mengembangkan bisnis yang telah anda bangun lewat media sosial. 11 tips berikut ini adalah cara mudah untuk berbisnis di sosial media ( mis. Facebook ) dan mempertahankan pelanggan anda disertai rasa senang dan tanpa semacam keterpaksaan (dengan asumsi anda telah memiliki akun Facebook dengan fan page, group yang anda gunakan untuk berbisnis)
- Tampilkan gairah Anda. Tunjukan gairah dan semangat bisnis anda menikmati memuaskan dan melayani pelanggan Anda. Berterima kasihlah kepada pelanggan dan tampikan kesaksian mereka (dengan izin mereka) atas layanan anda. Seringlah meminta mereka tentang pengalaman mereka dengan produk atau jasa Anda. Luangkan waktu untuk mendengarkan dan memahami apa yang mereka cari. Semakin banyak umpan balik maka ini semakin baik sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan penawaran produk barang dan jasa Anda.
- Pupuk kepribadian baik anda. Tanggapi dengan antusiasme, empati, kreativitas dan kehangatan setiap masukan, pujian bahkan cacian
- Merespon segera. Jangan menunggu 24 jam. Respon mereka (pelanggan atau calon pelanggan) dalam 1 jam. Sekalipun jawaban yang anda berikan sekedar " kami akan hubungi anda setelah tahu jawabannya".
- Mengatur waktu online Anda (standby time). Umumkan jam reguler online Anda aktif pada setiap usaha online anda. Komunitas Anda akan sangat senang mengetahui kapan bisa menghubungi anda
- Maintain karyawan Anda. Karyawan Anda adalah jantung dan jiwa dari merek dagang Anda. Orang-orang akan membentuk hubungan yang lebih kuat dengan merek dagang Anda jika mereka memiliki koneksi dengan anggota tim Anda. Pajang nama karyawan anda pada halaman "Tentang Kami" sehingga karyawan anda akan merasa dihargai dan dilibatkan dalam usaha anda
- Tanyakan pada komunitas Facebook Anda apa yang mereka inginkan. Sosial media telah menggeser kekuasaan dari merek kepada pelanggan. Jadi biarkan konsumen memimpin pasar. Semakin banyak empati dan minat Anda tunjukkan kepada komunitas Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan merespon dan menghargai Anda.
- Sajikan sebuah forum terbuka. Biarkan konsumen dan calon konsumen berdiskusi satu sama lain. Dan dari mereka akan terbentuk brand image.
- Berikanlah penghargaan kepada konsumen setia anda ( diskon, bonus dan lain-lain) dan biarkan mereka memberi kesaksian atas penghargaan itu. Image positif akan terbentuk dengan sendirinya.
- Bagikan pengetahuan tentan produk anda, dari tutorial cara pakai, perawatan dan lain-lain. Selain menjamin after sales service juga membangun komunikasi yang baik dengan konsumen anda.
- Jangan pernah sembunyikan jati diri anda. Upload foto-foto asli anda. Anda tidak sedang berusaha menjadi penipu tapi sedang membangun sebuah bisnis jangka panjang
- Libatkan konsumen anda dengan produk-produk baru anda. Minta mereka memberi usulan-usulan dan mempermudah anda dalam melakukan inovasi
Tips diatas adalah sebagian kecil dari tips cara mudah berbisnis di facebook atau sosial media lainnya. Semoga membantu
wah makasih tipsnya gan
BalasHapus