9 langkah merawat laptop

Laptop sudah bukan barang mewah lagi. Harga laptop cenderung terus turun yang justru diiringi dengan performa yang lebih baik. Tapi semurah-murahnya laptop tetap saja harus dijaga keawetannya, Kerusakan pada laptop pribadi bukan hanya menimbulkan persoalan extra biaya seperti biaya reparasi atau bahkan membeli yang baru tapi juga persoalan kehilangan data yang bisa jadi sangat penting.

Nah, tips berikut ini adalah 9 cara perawatan laptop yang mudah-mudahan berguna.

  1. Hindari makan dan minum saat menggunakan laptop. Remah makanan dan tetesan minuman bisa masuk dalam circuit dalam laptop yang bisa menyebabkan arus pendek segera atau dalam jangka waktu tertentu. Apabila terpaksa melakukannya, berhati-hatilah. 
  2. Hindari menyentuh screen lcd. Pegang secara pelan dengan kedua tangan pada bingkai lcd pada waktu menutup atau membukanya. Bersihkan lcd dengan cairan pembersih khusus yang bisa didapat di toko-toko komputer. Kerusakan pada lcd membuat laptop tidak lagi ada gunanya dan biaya perbaikannya sangat besar.
  3. Latih baterai laptop anda dengan sedikit "olah raga". Lepas charge dan gunakan laptop sampai ada pemberitahuan untuk charge ulang. Sekali waktu lepaskan baterai dari laptop. Gunakan karet penghapus untuk menggosok soket konektor baterai dan juga soket baterai pada laptop untuk menghilangkan karat atau debu yang mungkin menempel.
  4. Gunakan cooler pad (kipas pendingin) yang berkualitas. Sangat dianjurkan menggunakan cooler pad yang mempunyai colokan daya sendiri (tidak menggunakan daya usb) karena tidak akan membuat daya laptop menjadi drop karena terbagi untuk menghidupkan cooler pad. 
  5. Cegah menggunakan laptop secara berlebihan. Usahakan tidak lebih dari 3 jam untuk mencegah overheating. Gunakan software auto shutdown jika anda hendak meninggalkan laptop yang tengah bekerja (misal : sedang mendownload). Overheating menyebabkan banyak kerusakan.
  6. Usahakan tidak membawa berjalan laptop dalam keadaan hidup. Resiko kerusakan pada hardisk sangat besar sekalipun banyak laptop sekarang telah dipasang anti shocking pada hardisknya. Laptop yang terbentur atau jatuh dalam keadaan hidup beresiko rusak lebih besar daripada dalam keadaan mati,
  7. Jangan meletakkan benda diantara layar dan badan laptop pada saat ditutup sekalipun itu selembar kertas. Benda-benda itu berisiko menggores layar lcd. Jangan pula meletakan benda keras dan berat diatas laptop.
  8. Gunakan tas yang cukup lapang saat membawa laptop bepergian. Pastikan tidak ada guncangan, terjatuh atau terbentur. Jangan campur secara berdesakan laptop itu dengan barang-barang anda yang lain.
  9. Gunakan software anti virus dan firewall. Laptop yang terhubung dengan internet beresiko lebih besar terserang virus.


Tips diatas adalah tips standart. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk merawat laptop kita. Pointnya adalah : rawat dan hargai apapun milik kita.

0 Response to "9 langkah merawat laptop"

Posting Komentar