Perbandingan Google Nexus 4 LG vs Samsung Galaxy S3 Mini

Google Nexus 4 LG - Samsung Galaxy S3 Mini
Apa kelebihan dan kekurangan diantara dua mid range Android smartphone Galaxy S3 Mini dan Nexus 4?
Smartphone Google terbaru adalah Nexus 4 produksi pabrikan LG, sedangkan Samsung mengeluarkan produk terbarunya Samsung Galaxy Mini S3. Kita akan melihat perbedaan antara  LG Google Nexus 4 vs Samsung Galaxy S3 Mini.

Galaxy S3 Mini dan Nexus 4 keduanya diluncurkan dengan membidik pasar menengah ( mid range ) yang tentu saja harganya mid-range juga. Dengan harga yang relatif sama, tentu saja dua smartphone ini sering membingungkan calon pengguna dalam memilih salah satu diantaranya, Galaxy S3 Mini atau Nexus 4.

Perbandingan Harga Google Nexus 4 LG vs Samsung Galaxy S3 Mini

Kedua smartphone mempunyai harga mid-range. Nexus 4 lebih murah ( £ 239 untuk model 8GB dan £ 279 untuk 16GB ). Sementara Samsung Galaxy S3 Mini dibanderol dengan harga £ 310 untuk model 8GB.

Perbedaan harga merupakan hal yang penting untuk diingat ketika membandingkan fitur dan spesifikasi dari kedua smartphone yang bersaing tersebut.

Perbandingan Dimensi Google Nexus 4 LG vs Samsung Galaxy S3 Mini

Galaxy S3 Mini dan LG Nexus 4 merupakan smartphone berukuran hampir serupa.  Mini S3 berukuran lebih kecil dengan ukuran 63 x 122mm x dibandingkan dengan Nexus 4 yang berukuran 69 x 134mm. Namun, Nexus 4 lebih tipis. Ketebalan Nexus 4 : 9.1mm sedangkan Galaxy S3 Mini : 9.6mm.

Jika berat adalah sesuatu yang penting bagi Anda, maka Galaxy S3 Mini adalah lebih ringan dengan bobot hanya 112g. Sementara Nexus 4 beratnya 139g.

Perbandingan Layar Google Nexus 4 LG vs Samsung Galaxy S3 Mini

Google Nexus 4 memiliki layar 4.7in sementara Galaxy S3 Mini sekitar 4in ( tidak ada keterangan akurat untuk ini )

Samsung Galaxy S3 Mini menggunakan layar Super AMOLED dan IPS. Yang terpenting mungkin resolusinya. Nexus 4 menggunakan resolusi tinggi 768 x 1280 dengan kerapatan piksel 320ppi.. Dalam hal ini Galaxy S3 Mini tertinggal dengan karena menggunakan resolusi 480 x 800 dan menghasilkan kerapatan piksel 223ppi. Sungguh sangat disayangkan mengingat Samsung Galaxy Mini S3 lebih mahal.

Perbandingan Prosesor dan memori Google Nexus 4 LG vs Samsung Galaxy Mini S3 :

Nexus 4 membuat Galaxy S3 Mini terlihat “menyedihkan”  ketika berbicara tentang  prosesor dan memori yang ditawarkan.

Samsung memilih menggunakan chip dual-core 1GHz dan RAM 1GB dimana Nexus 4 dengan mudah mengalahkan dengan mengusung prosesor Snapdragon Qualcomm S4 Pro 1.5GHz quad-core dan 2GB RAM.

Perbandingan Kapasitas Penyimpanan Google Nexus 4 LG vs Samsung Galaxy Mini S3

Kedua gadget tersebut ditawarkan dengan pilihan penyimpanan internal 8GB dan 16GB . Namun, Galaxy S3 Mini mempunyai slot kartu microSD yang dapat diexpand hingga 32GB sebagai media penyimpanan tambahan.

Perbandingan Kamera Google Nexus 4 LG vs Samsung Galaxy Mini S3

Dalam soal kamera, Google Nexus 4 LG kembali memenangkan persaingan. Untuk kamera belakang, Nexus 4 memasang kamera 8MP yang dengan kemampuan merekam video kualitas HD 1080p penuh. Sementara Galaxy S3 Mini hanya memiliki 5MP dan hanya mampu merekam video kualitas 720p.

Galaxy S3 Mini juga kalah dalam hal kamera depan dimana Galaxy S3 Mini dengan ukuran VGA 0.3 MP sementara Nexus 4 memiliki kamera dengan lensa 1.3MP Nexus 4.

Perbandingan Konektivitas Google Nexus 4 LG vs Samsung Galaxy Mini S3

Keduanya menawarkan konektivitas 3G dual-band Wi-Fi, GPS, Bluetooth dan near-field communications (NFC). Namun, Nexus 4 menambahkan fitur charging nirkabel.

Perbandingan Sistem Operasi Nexus 4 LG vs Samsung Galaxy Mini S3
Meskipun kedua smartphone ini menggunakan sistem operasi Google Android, Nexus 4 lebih up to date dengan Android, 4.2 Jelly Bean . Sementara Galaxy S3 Mini menggunakan Jelly Bean 4.1.

Akan tetapi Nexus 4 hanya memiliki fitur tambahan seperti widget layar kunci, gesture typing dan Photo Sphere.

Sementara, walaupun operating system Samsung ketinggalan, Samsung Galaxy mini S3 memiliki fitur sendiri yang tidak dimiliki Nexus 4 seperti Direct Call, Voice S, Pop up Paly dan SmartAlert.

Perbandingan Baterai Nexus 4 LG vs Samsung Galaxy Mini S3

Samsung Galaxy S3 Mini menggunakan baterai 5.6 Wh (1500mAh), sedangkan Nexus 4 menggunakan baterai lebih besar dengan 7.8Wh (2100mAh) baterai. Tetapi baterai Galaxy S3 Mini dapat dilepas sementara baterai Nexus 4 tidak.

1 Response to "Perbandingan Google Nexus 4 LG vs Samsung Galaxy S3 Mini"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus