Perbedaan iPad dan Galaxy Tab

Perbedaan iPad dan Galaxy Tab

Perbedaan iPad dan Galaxy Tab perlu diketahui agar konsumen faham apa yang menjadi kebutuhan mereka. Seperti diketahui, pada tahun 2010, Apple meluncurkan debut PC Tablet : iPad. Hanya dalam 28 hari, perusahaan ini  menyatakan bahwa 1 juta perangkat telah berhasil dijual. Momentum trend iPad memuncul gagasan produk saingan. Dan Samsung segera meluncurkan produk sejenis Samsung Galaxy Tab. Anyak pengamat teknologi memberi komentar positif pada kelahiran Samsung Galaxy Tab. Samsung Galaxy Tab dianggap adalah lawan yang sepadan dari iPad. Bagaimanapun ada perbedaan iPad dan Galaxy Tab.  Dan berikut perbedaan iPad dan Galaxy Tab secara mendasar


Perbedaan-Galaxy-Tab-dan-iPad


Perbedaan-iPad-dan-Galaxy-Tab

Desain dan Tampilan

Perbedaan iPad dan Galaxy Tab dari sisi desain dan tampilan : IPad dan Galaxy Tab relatif sebanding dalam ukuran maupun berat. Hanya saja Galaxy Tab menawarkan layar sedikit lebih besar dan berat lebih ringan daripada iPad. Resolusi layar Galaxy Tab juga lebih tinggi dari iPad. Namun, iPad menawarkan kepada konsumen pilihan yang lebih dengan Wi-Fi dan Wi-Fi plus  3G serta 16,32 dan 64GB. Sedangkan Galaxy Tab tersedia dalam 16 dan 32GB dengan Wi-Fi saja.

Aplikasi

Dalam hal ketersediaan aplikasi dan game, perbedaan iPad dan Galaxy Tab adalah terletak pada sumbernya. Aplikasi dan game sangatlah penting bagi pengguna PC Tablet. Hal itu membuat PC Tablet menjadi disuka dan memudahkan penggunanya dalam pekerjaan atau hiburan. Bagi pengguna iPad, aplikasi bisa didapatkan melalui Apple App Store sedangkan pengguna Galaxy Tab memiliki akses ke aplikasi melalui Android Market. Apple App Store memiliki lebih banyak aplikasi daripada Android Market. Apple selaku pengembang iPad mempunyai kontrol penuh terhadap App Store, yang menyebabkan aplikasi yang tersedia hanyalah aplikasi yang telah melalui proses persetujuan Apple sehingga relatif aman bagi iPad. Sedangkan Android Market sangat fleksibel. Memungkinkan setiap orang mengupload applikasi maupun game tanpa proses verifikasi terlebih dahulu sehingga rentan terhadap bahaya virus maupun malware.

Perbedaan iPad dan Galaxy Tab dalam: kamera dan video

Baik iPad dan Galaxy Tab, terdapat dua kamera - satu di depan dan satu di belakang. Dual kamera dalam kedua produk ini memungkinkan untuk video chatting. Hanya saja, Galaxy Tab mempunyai kamera lebih kuat dari iPad. Kamera pada Galaxy Tab juga dapat merekam video pada tingkat yang lebih cepat. Galaxy Tab juga memiliki keuntungan karena dapat memutar video berformat Adobe Flash.

Sistem Operasi

IPad didukung oleh sistem operasi Apple IOS sementara Galaxy Tab menggunakan sistem operasi Android Honeycomb dari Google. Sistem operasi ini mempengaruhi fitur dan aplikasi dari setiap Tablet. IPad dilengkapi dengan browser Web Safari, iTunes, iBooks dan Game Center Apple. Galaxy Tab dilengkapi dengan pencarian Google, Gmail, Google Maps, YouTube dan produk Google lainnya.

Melihat perbedaan iPad dan Galaxy Tab secara mendasar diatas, maka hanya soal kebutuhan dan user friendly saja yang menjadi pertimbangan, selain faktor harga.

10 Responses to "Perbedaan iPad dan Galaxy Tab"

  1. Hehehee,,, masih bingung nih mau pilih mana.. masih cari2 info seputar ipad n tablet. makasih sharenya.

    BalasHapus
  2. nice info, thanks ya!

    BalasHapus
  3. kebetulan lagi mau beli tapi masih bingung antara pake os IOS atau Android, sejauh ini saya lebih prefer ke Android, thanks for sharing!

    BalasHapus
    Balasan
    1. android relatif bisa dibilang familier mas drpd ios

      Hapus
    2. Aku pake iPad 4 selama ini enjoy2 ajah.... Buat internetan mantap dech....

      Hapus
  4. bingung mw milih produk dari apple atau samsung.. soal ny ke-2 ny sma" good produk..

    BalasHapus
  5. Ipad air VS samsung note 10.1 ? Galau mode on

    BalasHapus